Ads 468x60px

Senin, 20 September 2010

Diam-diam Facebook Siapkan Ponsel Khusus


Facebook sudah memiliki hampir 150 juta pengguna via mobile. Dengan jumlah sebanyak itu, pangsa pasar terbuka lebar bila facebook menyiapkan produk lain dari sekedar layanan jejaring sosialnya. Dikabarkan, facebook kini mulai mempersiapkan secara diam-diam ponsel khusus dan juga perambah tersendiri. Sebuah langkah yang idealkah?

Untuk mewujudkannya, facebook hendaknya juga menyediakan platform sendiri. Ini agar pengembang juga bisa memanfaatkan platform ini untuk pengembangan lebih jauh. Sebelumnya, langkah untuk mempersiapkan ponsel facebook memang masih cair, namun berdasarkan pengamatan dari situs TechCrunch, facebook telah mempersiapkan dua karyawan terbaiknya, Joe Hewitt dan Matthew Papakipos untu menangani proyek ini. Langkah ini juga perlu diambil Facebook karena hingga saat ini mereka tidak bisa mengontrol platform mobile, seperti yang bisa dilakukan oleh RIM, Apple atau Google. Sesuatu yang membuat Facebook tidak bisa memaksakan kehendaknya apabila ada sistem pembayaran yang harus diberikan saat menggunakan layanan pembayaran ke facebook misalnya.

Rival seperti Apple telah memiliki jejaring sosial dengan Pings, begitu juga Google dengan Buzznya, bila Facebook memang ingin setara dengan kekuatan mereka, tentunya menyediakan sebuah ponsel khusus juga adalah tantangan tersendiri. Kita akan lihat, apakah proyek ini memang sebatas ambisi Facebook atau memang facebook punya kapasitas untuk menjadi raksasa baru di dunia mobile.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

Rafsodia

Page Rank